Cara Membuat Link Nofollow pada Label Widget

Posted by: Mas Aro Free Blogger Tutor, Updated at: Monday, February 25, 2013

Tips SEO Blogger | Cara Membuat Link Nofollow pada Label Widget. Menambahkan rel nofollow pada label widget sangat penting dalam membuat blog memiliki muatan SEO Onpage yang lebih bagus. Nah bagaimana caranya agar label widget yang semula dofollow menjadi nofollow? alasan dasar apa sehingga banyak mastah SEO merekomendasikan penerapan rel nofollow pada label widget ini? berikut Mas Aro akan mengulasnya.

Cara Membuat Link Nofollow pada Label Widget


Alasan penambahan rel nofollow pada label widget
Pada dasarnya link label merujuk pada halaman penelusuran, seperti artikel di blog ini yang saya beri label backlink, begitu seseorang mengklik maka akan dilanjutkan menuju http://freebloggertutor.blogspot.com/search/label/Backlink. Nah yang membedakan antara blogspot dan wordpress adalah di wordpress begitu label di klik akan menuju halaman direktori sementara di blogspot akan menuju ke halaman penelusuran. Karena artikel berada di halaman penelusuran maka link tipe ini tidak memiliki muatan seo yang baik. Google sebagai mesin penelusuran merekomendasikan untuk halaman penelusuran tidak ikut ditelusuri. Fungsi label widget hanya sekedar membantu pengunjung blog, sementara jangan suruh mesin pencari untuk mengindeknya.

Apakah yang terjadi jika kita membiarkan label widget tanpa rel nofollow?
Maka artinya Anda membiarkan mesin pencari untuk ikut mengindeksnya. Semakin banyak link label di blog Anda terindeks, menjadikan banyak hasil penelusuran "sampah" di mesin pencari.

Manfaat penerapan link label menjadi nofollow?
SEO Onpage Anda menjadi lebih maksimal. Pada hasil penelusuran mesin pencari nantinya, mesin pencari hanya menampilkan postingan Anda dan halaman homepage (Dengan asumsi halaman archive dan halaman penelusuran, komentar ikut di nofollowkan serta dibackup dengan penambahan robot.txt agar lebih maksimal).

Bagaimana cara menambah rel nofollow pada label di widget?
Template - Edit Template -Centang Expand Widget Templates - Cari kode ini (gunakan f3)
<a expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:href='data:label.url'><data:label.name/></a>

Tambahkan rel='nofollow' sehingga hasilnya menjadi
<a expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:href='data:label.url' rel='nofollow'><data:label.name/></a>

Perhatian
- Ada 2 kode sama di setiap template, 2 kode tersebut tambahkan rel='nofollow' semuanya
- Tutorial ini khusus label widget bukan label di post-footer maupun breadcrumbs
- Tutorial Blogspot ini berlaku khusus bagi pengguna yang ada label widgetnya. Anda tidak akan menemukan kode di atas pada blog yang tidak memiliki label widget

Semoga informasi tentang Cara Membuat Link Nofollow pada Label Widget bermanfaat.



Rating 9 out of 10 based on 400 reviews